Tuesday, December 28, 2010

TOPOLOGI JARINGAN DAN HARDWARE PENDUKUNG JARINGAN

Perbandingan antara topologi jaringan BUS, RING, STAR, dan MESH
BUS
            Topologi jaringan bus adalah computer yang berfungsi sebagai server dan workstation dihubungkan oleh satu kabel tunggal. Dalam topologi jaringan bus dapat menggunakan protocol Ethernet dengan menggunakan kabel Twisted pair atau koaksial yang dapat mentransfer data hingga kecepatan 10 Mbps. Selain menggunakan protocol ethernet topologi jaringan bus juga dapat menggunakan protocol local talk dengan menggunakan kabel twisted pair yang hanya mampu berkecepatan 0,23 Mbps saja. Kelebihan dari topologi bus ini adalah mudah dalam penambahan workstation baru tanpa mengganggu workstation yang lain. Proses instalasinya mudah dan sederhana, murah karena hanya dapat menginstalasi 5-7 komputer saja. Topologi bus juga mempunyai kekurangan yaitu jika ada kerusakan pada kabel pusat dapat mengganggu seluruh workstation. Dan kesulitan utama adalah pada pemasangan kabel coaksial, sulit untuk mengukur kabel tersebut benar2 pas atau tidak karena kalau tidak sesuai dapat merusak NIC (network interface card) dan dapat menghambat sehingga kemampuannya tidak maksimal.

Gambar dipinjam dari : http://2mm3.co.cc/

RING
            Topologi jaringan ring adalah computer pusat dihubungkan dengan computer pusat lainnya atau workstation yang lain dalam bentuk melingkar. Proses peng-informasiannya, setiap computer server dan workstation akan meleawati dan menerima satu computer dan computer lain. Dan informasinya pun hanya dapat diterima bila sesuai alamat server atau workstation. Topologi ini menggunakan 2 protokol yaitu token ring yang menggunakan kabel twisted pair dan  berkecepatan 4-16 Mbps pada topologi star-wired ring. Dan yang ke 2 menngunakan protocol FDDI menggunakan kabel serat optic yang mempunyai kecepatan lebih cepat yaitu 100 Mbps pada Dual ring. Kelebihan dari topologi ini adalah tidak akan terjadi tabrakan data karena hanya satu node saja yang dikirimkan pada satu pengiriman selain itu hemat kabel. Kekurangannya adalah jika terjadi gangguan pada salah satu node yang dikirimkan maka seluruh jaringan akan terganggu, pengembangan jaringannya kaku, sulit mendeteksi kerusakan, dapat terjadimya 2 paket data tercampur.
Gambar dipinjam dari : http://vionaansila.blogspot.com/

STAR
            Topologi jaringan star hanya memiliki satu satu computer sebagai computer pusat, setiap workstation dihubungkan dengan server secara langsung, mirip dengan topologi mesh hanya kerumitannya lebih rendah. Star dapat menggunakan protocol fast Ethernet dengan menggunakan kabel serat optic atau twisted pair dengan kecepatan 100 Mbps slain itu ring jg dapat mengggunakan Ethernet dan local talk. Keunggulan star adalah penambahan jumlah saluran hanya oleh satu computer sentral saja dengan menggunakan hub, dapat meningkatkan kinerja jaringan, memiliki bandwidth yang lancar karena setiap computer memiliki kabel sendiri,jika mengalami gangguan pada salah satu workstation maka hanya workstation itu saja yg memiliki gangguan dengan server. Kelemahannya adalah topologi ini membuat computer pusat mempunyai beban berat karena hanya menggunakan satu computer sentral sehingga memungkinkan terjadinya gangguan dan kerusakan. Selain itun topologi ini membutuhkan banyak kabel.
 Gambar dipinjam dari :  http://roj45.blogspot.com/

MESH
            Topologi jaringan mesh adalah setiap computer yang terhubung adalah sentral atau node. Setiap computer harus menyediakan jumlah saluran yang dibutuhkan computer sentral.dan setiap computer dihitung dengan (n=1, n = jumlah sentral). Kelemahan topologi ini adalah sangat rumit dan relative mahal.
Gambar dipinjam dari : http://fahruddinhome.wordpress.com/

Perbandingan antara Repeater, Hub, Switch, dan Router

Repeater
Repeater berfungsi menguatkan sinyal pada kabel, selain itu kelebihan repeater adalah dapat menguatkan sinyal yang lemah karena jauh jaraknya.
Gambar dipinjam dari : avhie95.wordpress.com


HUB
            Hub berfungsi sebagai penghubung kabel2 network dari setiap computer client,server atau modem.keunggulan hub adalah dapat menghubungkan 8-32 pc dengan menggunakan kabel UTP yang dicolokkan ke port2 yang ada pada hub.


Dipinjam dari : masdzaki.blogguru.org


SWITCH
            Fungsi dan keunggulan switch sama saja dengan hub hanya yang membedakan adalah switch dapat mengirimkan data hanya ke alamat yang dituju saja karena switch mempunyai pendeteksi alamat computer dan juga switch dapat menangani lebih dari satu koneksi. Berbeda dengan hub yang hanya dapat mengirimkan data ke seluruh computer.tidak dapat mendeteksi alamat salah satu computer.

Dipinjam dari : artikel.ilmuti.com
Brige
Brige berfungsi untuk membagi sebuah jaringan menjadi 2 buah jaringan. Bridge juga dapat mengatur kedua network untuk berjalan dengan baik dan teratur. Keunggulan yang lain adalah bridge dapat mengkoneksikan network dengan tipe kabel atau wireless.

Dipinjam dari : anim325.wordpress.com

Router
            Router berfungsimenghubungkan jaringan LAN dengan internet dan merutekan tarnsmisi keduannya. Router dapat mentransmisikan data dari satu jaringa ke jaringan yang lain. Keunggulan router adalah dapat mencari jalur terbaik dalm mentransmisikan pesan atau data, router juga dapat mengetahui dan mendeteksi keseluruhan jaringan dengan mencari sisi yang paling sibuk dan mampu menarik data dari sisi yang sibuk ke yang bersih.router juga dapat mengatur sinyal secara efisien, mengatur data pada 2 buah protocol dan mengatur pesan melalui kabel twisted pair, koaksial dan serat optic.

Gambar dipinjam dari :

Kesimpulan
            Dari semua topologi jaringan dan hardware pendukung suatu jaringan tersebut di atas saya dapat mengetahui topologi jaringan yang umumnya digunakan dan tergantung kebutuhan dan kemampuan biaya dalam membangun topologi jaringan tersebut. Tetapi menurut saya topologi jaringan yang paling baik digunakan adalah topologi jaringan tree yang biasa digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat berbeda topologi ini memiliki kehandalan yaitu jika salah satu kabel workstation putus putus maka tidak akan mempengaruhi workstation lainnya. Selain itu topologi ini memiliki kemudahan dan instalasi dan maintenance.



1 comment:

  1. asiiiikkkk jadi blogger euy ayeuna mah hahayyyyyy
    keep bloging kawan

    ReplyDelete