Tuesday, December 21, 2010

perbedaan antara windows mobile, symbian, blackberry, iphone dan Android


Dan yang terakhir saya akan menjelaskan perbedaan system operasi yang digunakan oleh  mobile phone

windows mobile
                merupakan OS yang dikembangkan Microsoft yang dipakai khusus untuk smartphone (O2,palm,dll) smartphone yang menggunakan windows mobile biasanya menggunakan stylus untuk memudahkan perintah-perintah yang dijalankan pada layar touchscreen.windows mobile pertama dirilis sebagai system operasi pada pocket pc 2000. Windows mobile berbasis pada kernel windows CE 5.2 dan fitur2nya dikembangkan oleh microsft windows API.

Symbian
                Symbian merupakan OS yang dirancang khusus untuk telephone selular berbeda dengan windows mobile yang hanya dapat dijalankan khusus untuk smartphone. Banyak perusahaan telepon seluluar yang menggunakan OS ini antara lain : Nokia,Ericsson,Motorola,Benqsiemens dan Panasonic. Symbian os memilki aplikasi pemprograman antarmuka ( Application programming interface) API. Akan tetapi walaupun symbian memiliki aplikasi API,symbian tidak bersifat open source, tidak dapat dikembangkan  oleh banyak orang.

Blackberry
                Blackberry merupakan smartphone yang sedang booming di Negara kita, mungkin karena OS smartphone blackberry  memiliki kemampuan yang  canggih yang tidak dimiliki OS yang lain, keunggulan OS blackberry  terletak pada push e-mail. Dengan push email email yang yang masuk langsung diteruskan ke ponsel yang telah d scan sehingga aman dari virus selain itu, dapat meng converte file yang berukuran besar menjadi kecil secra otomatis. Yang paling disukai dari pengguna blackberry adalah adanya blackberry messenger yaitu mirip dengan yahoo messenger akan tetapi hanya dapat digunakan sesama pengguna blackberry dengan memasukkan no identitas. Dan yang paling membedakan OS blackberry dengan OS yang lain adalah blackberry menawarkan aplikasi sesuai kebutuhan,seperti blackberry enterprises system (BES),blackberry professional software (BPS), blackberry internet service(BIS) dan yang terakhir adalah blackberry mobile data system (MDS).

IPHONE
                IPHONE merupakan OS system yang diciptakan produsen apple inc. unruk smartphone produksinya yang bernama sama yaitu IPHONE.perbedaan OS ini dan yang lain adalah memliki aplikasi berjumlah ribuan yang dapat di download melalui itunes.sama seperti hal’y blackberry OS ini hanya dapat di install pada IPHONE saja.


ANDROID
ANDROID  merupakan OS yang berbasis LINUX yang dgunakan untuk telepon seluler android awalnya dikembangkan oleh google inc yang kemudian dikembangkan lagi oleh open handset alliance. Perbedaan  android dari OS yang lain adalah android di distribusikan secara open source, jadi pengguna bisa menambah, membuat dan memodifikasi aplikasi ke dalam android, ini karena android berbasis linux.

Selesai sudah…
               

No comments:

Post a Comment