Sunday, December 19, 2010

Perbedaan antara WINDOWS 3X, 95,ME, dan XP


Setelah saya mempelajari dari operation system tersebut, perbedaannya adalah pada teknologi dan aplikasi yang diterapkan oleh Microsoft pada setiap operation systemnya
.
WINDOWS 3x
            Windows 3x adalah system operasi yang pertama diciptakan Microsoft yang dapat menjalakan beberapa aplikasi MS-DOS secara bersamaan (multitasking) dan system operasi windows  pertama yang menggunakan VGA card. Selain itu 3X tidak hanya bisa menjalakan modus operasi MS-DOS tapi dapat menjalankan modus terproteksi (386 enhanced) . akan tetapi windows ini hanya menggunakan processor 16 bit. Kemudian pada versi 3x berikutnya,Microsoft mengupgrade 3x dengan ditambahkannya drive CD-ROM dan soundcard.

WINDOWS 95
             3 tahun berikutnya Microsoft melansir system operasi baru yaitu windows 95. Windows 95, windows 95 hanya dapat menjalankan DOS yang buatan Microsoft, ini mungkin karena berakhirnya kerjasama dengan IBM yang mengembangkan OS/2.windows 95 tidak beroperasi pada 16 bit saja tapi juga pada 32 bit. Selain itu windows 95 juga mengalamatkan memori RAM virtual sebesar 2 gygabite. Dan windows 95 adalah sitem operasi pertama yang mempunyai aplikasi internet explorer. Untuk menghubungkan computer ke jaringan internet. Ditambah hardware bus USB.

WINDOWS ME (Milenium Edition)
            Windows ME menyempurnakan dukungan aplikasi multimedia dan internet dari versi sebelumnya 95 dan 98. Pada Windows ME  juga tedapat system restore agar computer dapat membalikan sytem operasi yang mengalami kegagalan. Winows ME mempunyai aplikasi windows media player 7.7 untuk memutar video dan audio,dan memiliki internet explorer versi 5.5 yang lebih baik dari versi sebelumnya yang memilki kegagalan. Dan di wimdows ME jg terdapat windows movie maker versi pertama.Dan windows ME adalah OS windows terakhir yang berdasrkan OS DOS.
           
WINDOWS  XP
            Windows XP merupakan penyempurnaan dari windows 2000 profesional dan ME. Windows XP mempunyai tampilan yang lebih baik dari 2 OS windows tersebut. Dan banyak aplikasi2 tambahan yang dapat ditambahkan pada OS ini.Dan windows XP menggunakan processor 32bit.berbeda dengan pendahulunya yg berjalan pada 16 dan 32 bit
           

No comments:

Post a Comment