Tuesday, December 21, 2010

perbedaan antara Sun solaris, Linux, Mac OS, dan Free BSD


Berikut ini saya akan menjelaskan perbedaan system operasi yang ada diluar windows

Sun solaris
                Sun solaris merupakan OS yang dikembangkan oleh perusahaan Sun microsytem Inc. Sun solaris hanya dapat dioperasikan pada processor yang mempunyai spek x86, x64 dan SPARC. Kemudian Sun juga mempunyai open solaris yaitu sun yang d open source kan dibawah lisensi (common development and distribution license)

Linux
                Linux merupak OS yang bertype unix yang diciptakan oleh linus Torvald,OS ini bersifat bebas dan terbuka yang dapat dikembangkan, dipakai dan di distribusikan oleh siapa saja(open source),berbeda dengan OS windows, dan OS yang lain yang berlisensi yang tidak dapat dikembangkan oleh banyak orang.linux menggunakan kernel monolhitic yang membedakan dengan OS lainnya.

MAC OS
                 MAC OS merupakan OS yang dikembangkan APPLE Inc. MAC OS merupakan merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu macintosh, MAC OS merupakn OS berbasis UNIX  yang berjalan pada kernel BSD. Kelebihan MAC OS dari OS yang lain yang sama-sam berbasis UNIX adalah mempunyai tampilan desktop yang indah sehingga menjadi panutan bagi para pengembang desktop.

Free BSD
                Free BSD adalah OS yang bertipe unix bebas yang merupakan turunan dari unix AT&T yang dikembangkan oleh barkeley software Distribution yang dapat beroperasi pada berbagai system Intel x86 (32 bit dan 64 bit) , mesin SPARC 64 bit produksi Sun microsystem,processor Compaq dan AMD 64. Walaupun free BSD OS yang bertype unix tetapi tidak  dapat dipanggil unix karena free BSD merupakan OS yang bertype unix bebas yang dikembangkan oleh barkeley software distribution.


No comments:

Post a Comment