Saturday, March 10, 2012

Viral Marketing


         Viral marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media elektronik untuk menginformasikan suatu produk kepada masyarakat luas. Viral marketing berkembang seiring berkembangnya internet cara kerja pun seperti virus pada komputer yang meduplikasi dan semakin banyak. Komponen penting dalam strategi viral marketing adalah konsumen dan buzz konsumen disini tidak hanya sebagai kostumer tetapi juga berperan sebagai marketer, konsumen biasanya menceritakan produk yang dipakai kepada orang lain,dengan tidak sengaja ia telah memasarkan produk yang ia pakai tersebut, lalu peran BUZZ adalah sebagai penyebar isu untuk menghebohkan  sehingga membuat orang penasaran dan tertarik untuk menggunakannya. Dan media penting yang lain dalam strategi viral markteting adalah komunitas apabila salah satu anggota komunitas merasa puas dengan seuatu produk maka akan menyebarkan ke anggota komunitas lainnya. Karena Viral marketing memanfaatnya internet sebagai media pemasaran jaringannya, kita bisa memanfaatkan jejaring social sebagai media viral marketing contohnya : Twitter, Facebook, My space, Google, yahoo dll. Saran saya jika anda ingin memasarkan produk anda dengan metode viral marketing saran saya cobalah dengan media jejaring sosial.

1 comment: