Tuesday, March 6, 2012

Analisis Bisnis Online Dengan Menggunakan Social Media Facebook dan Twitter

     Sekarang ini Social media tidak hanya sebagai media pencari pertemanan, melainkan sebagai media bisnis online yang menjanjikan dan terus berkembang. Saya akan menganalisis bagaimana pola berbisnis yang bisadikembangkan dengan menggunakan social media facebook dan twitter.
 
Pola Bisnis Yang Bisa Dikembangkan Dengan Facebook
            Bisnis dengan social media facebook  makin hari semakin diminati, selain mudah dan praktis berbisnis dengan facebook juga tidak memerlukan modal yang besar. Dengan ratusan juta pengguna yang aktif online setiap hari kita bisa memanfaatkan dan mengembangkan bisnis di facebook sesuai dengan bisnis yang akan kita minati. Dengan facebook kita bisa membuka akun atau toko online untuk menjual barang atau jasa secara gratis dan dengan adanya berbagai macam group di facebook kita bisa join untuk mempromosikan barang dan jasa yang kita jual ataupun sharing ilmu mengenai bisnis yang kita jalani selain itu kita bisa mencari investor untuk mengembangkan bisnis atau ide yang kita miliki. Melalui facebook kita bisa mempromosikan dan menjual barang atau jasa yang kita jual tidak hanya di dalam negeri kita bisa menjual produk kita secara internasional.

Menjual aplikasi untuk facebook
                Tidak hanya menjual barang atau jasa, bagi yang mempunyai keterampilan programming kita juga bisa memasang atau menjual aplikasi yang bisa digunakan di facebook, ini tentu sangat menguntungkan. Misalnya kita membuat sebuah game dengan layanan premium, dengan begitu orang lain bisa menggunakan atau mengakses layanan game yang kita buat dengan membeli atau berlangganan aplikasi yang kita buat.
    Beriklan Di facebook
                Pada dasarnya beriklan lewat facebook sama dengan menjual barang di facebook dengan cara menulis deskripsi produk, mengupload foto atau video produk yang dijual, men tag foto atau video produk ke facebook teman dan update status mengenai produk yang dijual, ini bisa dikategorikan beriklan dengan jaringan teman atau group. Akan tetapi beriklan yang benar melalui facebook adalah dengan mendaftar iklan di facebook mengajukan permintaan beriklan dengan mengklik tombol iklan di bagian bawah halaman Facebook. Pengiklan harus membayar ke Facebook untuk beriklan di facebook. 
      Kelebihan facebook yang bisa digunakan untuk bisnis
                  Adanya aplikasi market place yang disediakan facebook untuk menfasilitasi para pebisnis online yang menggunakan facebook dalam memasarkan produknya.

      Pola Bisnis yang Bisa Dikembangkan Melalui Twitter
                Pada dasarnya sama saja pola bisnis yang bisa dikembangkan melalui twitter dengan facebook hanya saja cara yang dilakukan yang mungkin agak sedikit berbeda, berikut in saya akan menjelaskan bagaimana mengembangkan bisnis melalui twitter

      Menentukan profil
      Saat membuat akun twitter isi semua dengan hal yang berkaitan dengan produk yang akan kita jual. Masukkan website Kita sehingga kostumer akan tahu ke mana harus mencari informasi lebih banyak tentang produk yang kita jual. Selain itu, kita juga dapat mempersonalisasi profil Twitter Anda untuk mencocokkan merek perusahaan Anda.


      Perluas Jaringan
                Untuk memperluas Jaringan pemasaran produk kita harus menyesuaikan dengan selektif bisnis yang kita geluti agar  keingina untuk memperluas jaringan dapat tercapai dengan maksimal. Join dengan group yang ada di twitter sesuai dengan bisnis yang kita jalani terus follow calon kostumer untuk mempromosikan produk yang kita jual

      Membagikan Konten yang relevan
      Seperti di situs media sosial yang lainnya, konten sangat penting menarik perhatian follower kita dengan membagikan hal-hal yang mempromosikan produk yang kita jual, ini  adalah salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan setia untuk produk kita

      Menciptakan customer yang setia pada produk kita
      Melalui twitter kita menjalin hubungan lebih dekat dengan kostumer. Semua follower yang ada di twitter kita merupakan calon  kostumer yang berpotensi terhadap produk kita. Untuk itu kita perlu membantu mereka untuk mempromosikan produk yang kita jual.

      Buat Basis follower
      Untuk memperbanyak follower kita bisa mengundang teman dengan mengikuti twitter kita dengan mengimpor alamat email kita,selain itu kita juga bisa menambahkan link twitter kita di blog atau website.

       Kelebihan Twitter yang Bisa Digunakan Sebagai Media Promosi
      Twitter memiliki banyak aplikasi dukungan yang tersedia yang dapat digunakan mendapatkan yang terbaik dari layanan tersebut untuk bisnis. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai media promosi :

      TwitterFox
      Twitterfox adalah web Firefox browser plugin memungkinkan Anda untuk melihat Tweets dalam browser web Anda (dalam menu popup). Hal ini sangat berguna karena kita bisa melihat tweets tanpa harus login ke twitter kita

      TweetLater
      TweetLater berfungsi untuk menentukan  jadwal tweet (seperti kita akan menjadwalkan email). Fitur lain yang sangat membantu bisnis di tweetlater adalah kemampuan untuk menerima email dan mencerna aktivitas kata kunci dalam Tweetosphere. Hal ini memungkinkan kita untuk bergabung dengan percakapan atau topik lagu dan tren.

       Ping.fm

      Ping.fm adalah aplikasi yang bisa mengirim semua Update ke semua jejaring social dalam satu kali langkah, memiliki account dengan berbagai layanan, seperti LinkedIn dan Facebook.

      TwitterFacebook
                  Dengan TwitterFacebook kita dapat mengupdate status di facebook yang kemudian bisa dilihat di twitter begitu pula sebaliknya, ini dapat memudahkan kita dalam mempromosikan produk yang kita jual.
                   
           Sekian sedikit materi yang bisa saya berikan untuk mengembangkan bisnis melalui facebook dan twitter,semoga bermanfaat untuk kalian yang akan memulai berbisnis melalui facebook dan twitter.

      No comments:

      Post a Comment